-->

Produksi Film Dokumenter, Bupati Aceh Utara Diwawancarai Mahasiswa Asing


ACEH UTARA — Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib yang akrab dengan sapaan Cek Mad, menerima kunjungan mahasiswa Singapura dari Universitas Teknologi Nanyang (Nasional Teknologi Universitas/NTU), di Pendopo Bupati di Lhokseumawe, Senin (25/1/2016). Kunjungan mahasiswa tersebut dalam rangka pembuatan film dokumenter Aceh bekerja sama dengan Yayasan Geutanyoe.

Film berjudul “Peumulia Jamee” itu mengambarkan ketulusan hati orang Aceh menerima pengungsi Rohingya saat mereka terdampar di perairan Aceh tujuh bulan silam.

Cek Mad dalam wawancaranya dengan mahasiswa asing tersebut menjelaskan, bahwa menerima semua orang (imigran) merupakan sebuah kewajiaban apalagi mereka juga merupakan saudara sesama Muslim.  Aceh Utara selama ini, lanjutnya, bekerjasama dengan berbagai lembaga sosial untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada para pencari suaka tersebut sehingga diharapkan pelan-pelan mereka bisa mandiri.

Walaupun demikian kami juga meminta kepada pihak internasional untuk dapat segera mencari solusi menangani terkait menangani pengungsi Rohingya yang saat ini berada di Shelter Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, kearah yang lebih baik,” demikian ungkap Bupati Cek Mad dalam keterengan tertulis yang diterima HARIANACEH.co.id.

Sumber : Harian Aceh